Peraturan Lomba

Peraturan Lomba INSIRUN 2017

  1. Peserta diharapkan menggunakan T-Shirt Lomba dan wajib menggunakan atau mengenakan Nomor BIB dengan benar dan lengkap. Pemasangan BIB harus dapat terlihat jelas oleh petugas lapangan, Direktur Lomba, Marsekal Lomba dan atau Petugas Keamanan. Peserta diharuskan mengenakan BIB. Peserta yang tidak mengenakan/memasang BIB dengan lengkap dan benar dapat dikeluarkan dari rute lomba oleh petugas keamanan atau marsekal rute.

  2. Peserta diharapkan mempelajari dan mengikuti jalur lomba dengan benar, peserta yang tidak berlari di jalur yang benar bisa didiskualifikasi atau tidak tercatat waktu tempuhnya.

  3. Start peserta akan diumumkan oleh Penyelenggara Teknis Lomba melalui info lomba. Penyelenggara Teknis Lomba berhak mengubah waktu start dengan alasan khusus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, namun Penyelenggara Teknis Lomba akan berusaha untuk menginformasikan perubahan waktu start lomba kepada peserta melalui berbagai media informasi lomba INSURUN 2017.

  4. Hewan, sepeda, in-line skate, kereta bayi, kereta dorong, sepatu roda atau alat bantu beroda lainnya tidak diperkenankan berada pada rute perlombaan untuk semua kategori.

  5. Peserta yang ikut serta di dalam perlombaan, dilarang  menghalangi atau menutupi jalur lomba peserta lain.

  6. Penghentian/Cut-off Time :

    • Kategori 10K : 2 jam
    • Kategori 5K : 1 jam 30 menit

    Bagi peserta yang tidak dapat menyelesaikan perlombaan sesuai dengan CUT OFF TIME, Race Organizer akan mengalihkan peserta tersebut ke area finish dengan menggunakan rute yang paling dekat. Untuk keselamatan mereka sendiri dan untuk menghindari terperangkap di antara lalu lintas kendaraan bermotor. Peserta harus mematuhi seperti yang diperintahkan, atau Race Organizer berhak menghentikan peserta. Peserta tersebut juga tidak berhak mendapatkan Medali Penamat.

  7. Semua Peserta diharapkan berkumpul di lokasi perlombaan 1 jam sebelum perlombaan dimulai. Waktu berkumpul yang disarankan adalah pukul 05.00 WIB. Harap perhatikan bahwa peserta yang terlambat akan didiskualifikasi di tempat.

  8. Pemenang ditentukan oleh peserta yang terlebih dahulu menyentuh garis finish dan urutan dibelakangnya sesuai jumlah pemenang yang ditentukan oleh penyelenggara ( GUN TIME ).

  9. Nomor Peserta (BIB) tidak dapat ditukar dengan atau diperjualbelikan kepada orang lain.

  10. Penyelenggara berhak membatalkan pemenang lomba, apabila pemenang tidak dapat menunjukkan identitas diri (KTP/KITAS) dan atau identitas yang diserahkan kepada penyelenggara tidak sesuai dengan identitas yang terlampir pada lembar pendaftaran.

  11. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan setelah Penyelenggara Teknis Lomba (DuniaLARI.com) menyatakan bahwa peserta yang berpeluang menang telah memenuhi syarat perlombaan, tidak melanggar peraturan lomba, tidak melanggar administrasi lomba, dan memenuhi persyaratan lainnya.

  12. Penyelenggara berhak membatalkan acara apabila terjadi hal – hal yang terjadi diluar kendali penyelenggara (termasuk di dalamnya hujan deras, bencana alam, ataupun demonstrasi). Apabila INSURUN 2017 harus dibatalkan, tidak akan ada pengembalian biaya pendaftaran dan penyelenggara tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau ketidaknyamanan yang terjadi.

SYARAT & KETENTUAN INSURUN 2017

Dengan mendaftar dan mengambil bagian dalam INSURUN 2017, Anda (“Peserta”) menyatakan telah membaca, memahami, menerima, dan setuju untuk tunduk pada Syarat dan Ketentuan INSURUN 2017 (“Syarat dan Ketentuan”) yang ditetapkan oleh Dewan Asuransi Indonesia selaku Penyelenggara dan DuniaLARI.com selaku Race Organizer ini.

PENDAFTARAN

  1. Usia minimum untuk menjadi Peserta adalah 10 (sepuluh) tahun dan maksimum adalah 75 (tujuh puluh lima) tahun yang dibuktikan dengan kartu identitas yang sah menurut hukum.

  2. Dengan tidak mengurangi ketentuan usia sebagaimana dimaksud dalam butir 1 bagian ini, seluruh warga negara Indonesia dapat mendaftar sebagai Peserta. Warga negara asing dapat mendaftar sebagai Peserta, namun apabila memenangkan lomba, maka peserta wajib memperlihatkan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) dan Paspor yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

  3. Terdapat 2 (dua) kategori dalam INSURUN 2017 yang dapat dipilih oleh Peserta, yaitu (i) 10K Atlet & Umum dan (ii) 5K Pelajar. Peserta tidak dapat mengubah kategori yang telah dipilihnya setelah melakukan pendaftaran.

  4. Peserta wajib membayar biaya pendaftaran INSURUN 2017 sesuai nominal dan melalui jalur pembayaran elektronik yang ditetapkan oleh Penyelenggara. Segala akibat dan kerugian yang mungkin timbul dari pembayaran biaya pendaftaran secara elektronik, termasuk namun tidak terbatas kepada gangguan jaringan telekomunikasi, kesalahan penulisan, dan kesalahan pengisian formulir pembayaran elektronik, menjadi tanggungan Peserta. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan oleh Peserta tidak dapat dikembalikan/ diuangkan kembali.

  5. Dalam melakukan pendaftaran, Peserta setuju untuk: (i) menyediakan informasi yang akurat, terkini dan lengkap tentang Peserta yang diisi dalam formulir pendaftaran (Data Registrasi); (ii) menjaga keamanan password Peserta; dan (iii) senantiasa memeriksa Data Registrasi agar selalu benar, akurat, terkini, dan lengkap. Penyelenggara berhak untuk menangguhkan atau menghentikan pendaftaran Peserta apabila Penyelenggara mengetahui bahwa Peserta memberikan informasi yang tidak akurat, tidak terkini, dan/atau tidak tepat.

  6. Penyelenggara dapat mengirimkan pemberitahuan kepada Peserta melalui alamat e-mail Peserta yang terdaftar pada Penyelenggara. Segala pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail Peserta yang terdaftar pada Penyelenggara, dianggap telah diterima oleh Peserta.

  7. Penyelenggara berhak untuk membatasi jumlah dan/atau menolak pendaftaran Peserta yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.

  8. Kepesertaan dalam INSURUN 2017 bersifat pribadi, sehingga Peserta tidak dapat mengalihkan hak dan kewajibannya dalam keikutsertaannya dalam INSURUN 2017.

  9. Dengan melakukan pendaftaran, Peserta memahami dan memberikan persetujuan kepada Penyelenggara untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyusun informasi pribadi yang berkaitan dengan Peserta untuk tujuan informasi, perencanaan, pengolahan data, statistik, analisis risiko, penelitian, dan/atau tujuan lain sebagai kelanjutan dari fungsi atau kekuasaan Penyelenggara.

RACE PACK INSURUN 2017

  1. Penyelenggara akan menyediakan race pack untuk keikutsertaan Peserta dalam INSURUN 2017.

  2. Setiap Peserta wajib untuk mengambil race pack di tempat dan waktu yang ditentukan oleh Penyelenggara dengan menunjukkan kartu identitas yang sesuai dengan yang didaftarkan oleh Peserta pada waktu pendaftaran.

  3. Dalam hal Peserta berhalangan hadir untuk mengambil race pack sebagaimana ditentukan dalam butir 2 bagian ini, Peserta dapat meminta seorang kuasa untuk mengambil race pack tersebut dengan membawa dokumen-dokumen yang ditentukan oleh Penyelenggara.

  4. Apabila race pack tidak diambil di tempat dan waktu yang ditentukan oleh Penyelenggara sampai batas waktu pengambilan race pack berakhir, Penyelenggara berhak untuk membatalkan keikutsertaan Peserta tanpa mengembalikan biaya pendaftaran yang telah dibayarkan oleh Peserta.

  5. Seluruh race pack yang tidak diambil oleh Peserta menjadi milik Penyelenggara sepenuhnya dan penggunaannya sepenuhnya menjadi hak Penyelenggara.

KETENTUAN UMUM PENYELENGGARAAN INSURUN 2017

  1. Peserta wajib untuk menanggung segala biaya yang timbul dalam keikutsertaannya dalam INSURUN 2017 ini termasuk namun tidak terbatas kepada biaya pendaftaran, biaya akomodasi, dan biaya transportasi yang mungkin timbul dari lokasi tempat tinggal Peserta ke lokasi penyelenggaraan INSURUN 2017.

  2. Peserta wajib untuk mengikuti setiap arahan dan ketentuan INSURUN 2017 yang ditetapkan oleh Penyelenggara dan/atau Race Organizer.

  3. Peserta wajib mengenakan nomor peserta/ bib di dada dengan lengkap dan benar serta dapat terlihat jelas oleh petugas lapangan, direktur race, marsekal rute, wasit/ juri, dan petugas keamanan. Peserta yang tidak mengenakan nomor peserta/ bib dengan lengkap dan benar dapat didiskualifikasi dari INSURUN 2017.

  4. Peserta diharapkan untuk mempelajari dan mengikuti jalur INSURUN 2017 dengan benar sesuai kategori yang dipilihnya pada saat pendaftaran. Peserta yang tidak berlari pada jalur yang benar sesuai kategori yang dipilihnya pada saat pendaftaran, secara otomatis akan didiskualifikasi dari INSURUN 2017.

  5. Penyelenggara berhak dengan alasan tertentu antara lain alasan keamanan dan/atau keselamatan Peserta untuk mengubah waktu start dan/atau rute INSURUN 2017 tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Peserta.

  6. Peserta dengan ini memahami bahwa INSURUN 2017 menitikberatkan pada kegiatan fisik dan menjamin bahwa Peserta berada dalam kondisi fisik yang sehat untuk ikut serta dalam INSURUN 2017.

  7. Peserta bertanggung jawab penuh atas tindakan dirinya sendiri dan membebaskan Penyelenggara, Race Organizer, sponsor acara, dan/atau peserta lainnya atas segala risiko yang mungkin diderita sebelum, pada saat, atau setelah berpartisipasi dalam INSURUN 2017, termasuk namun tidak terbatas kepada cidera tubuh, kerusakan properti, penyakit, dan/atau kematian.

  8. Setiap staf medis resmi, direktur race, marsekal rute, wasit/ juri, dan/atau petugas keamanan, dapat menghentikan keikutsertaan Peserta dalam INSURUN 2017 jika dirasa perlu.

  9. Bagi Peserta yang tidak dapat menyelesaikan rute INSURUN 2017 sesuai dengan Cut-Off Time (COT) pada masing-masing kategori, race organizer, petugas lapangan, direktur race, marsekal rute, wasit/juri, dan/atau petugas keamanan dapat mengalihkan Peserta ke area finish dengan menggunakan rute yang paling dekat. Demi keselamatan Peserta, Peserta wajib mematuhi setiap arahan dari race organizer, petugas lapangan, direktur race, marsekal rute, wasit/juri, dan/atau petugas keamanan tersebut.

  10. Hewan, sepeda, in-line skate, kereta bayi, kereta dorong, sepatu dengan rol built-in, atau alat bantu beroda lainnya tidak diperkenankan untuk dibawa dan/atau digunakan pada seluruh rute dan/atau kategori dalam INSURUN 2017.

  11. Foto, film, rekaman, atau catatan media lainnya dari penyelenggaraan INSURUN 2017 yang mungkin memuat Peserta di dalamnya adalah milik Penyelenggara dan Penyelenggara berhak untuk menggunakan foto, film, rekaman, atau catatan media lainnya dari penyelenggaraan INSURUN 2017 tersebut untuk tujuan apapun yang tidak melawan hukum.

  12. Penyelenggara sewaktu-waktu berhak untuk membatalkan INSURUN 2017 dengan melakukan upaya yang wajar untuk memberitahukannya kepada Peserta. Dalam hal demikian, Penyelenggara tidak wajib untuk mengembalikan biaya pendaftaran dan tidak bertanggung jawab atas setiap akibat atau kerugian yang mungkin timbul atau dialami oleh Peserta.

PEMENANG DAN HADIAH INSURUN 2017

  1. Pemenang INSURUN 2017 ditentukan dari Peserta yang terlebih dahulu menyentuh garis finish dan urutan di belakangnya sesuai jumlah pemenang yang ditentukan Penyelenggara. Berikut adalah jumlah pemenang INSURUN 2017 untuk setiap kategori:

    • Kategori 10K Atlet & Umum : 5 (lima) pemenang laki-laki dan 5 (lima) pemenang perempuan;
    • Kategori 5K Run: 5 (lima) pemenang laki-laki dan 5 (lima) pemenang perempuan.
  2. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan setelah Race Organizer menyatakan bahwa Peserta yang berpeluang menang telah memenuhi syarat keikutsertaan, tidak melanggar peraturan, tidak melanggar ketentuan administrasi dan ketentuan-ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh Penyelenggara dan/atau Race Organizer.

  3. Penyelenggara dapat membatalkan pemenang INSURUN 2017, apabila:

    • Pemenang tidak dapat menunjukkan bukti identitas diri atau bukti identitas diri yang diserahkan kepada  Penyelenggara tidak sesuai dengan identitas yang tertulis pada saat pendaftaran;
    • Ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pemenang dalam catatan wasit/ juri INSURUN 2017;
    • Ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pemenang pada ketentuan atau berdasarkan hasil sengketa penyelenggaraan INSURUN 2017.
  4. Apabila terdapat sengketa pemenang, Penyelenggara dan/atau Race Organizer dapat menangguhkan penyerahan hadiah hingga sengketa telah diselesaikan oleh para pihak.

  5. Penyelenggara dan/atau Race Organizer berhak untuk menentukan mekanisme pengumuman pemenang dan mekanisme penyerahan hadiah. Penyelenggara dan/atau race organizer akan memberitahukan kepada pemenang mengenai mekanisme penyerahan hadiah. Pajak hadiah ditanggung oleh Pemenang.

  6. Bentuk hadiah bagi pemenang INSURUN 2017 adalah sebagaimana ditetapkan oleh Penyelenggara. Pemenang tidak dapat memindahtangankan atau menukar hadiah tersebut dalam bentuk apapun.

BANDING

  1. Untuk pemenang, banding atas sengketa pemenang wajib dilakukan di tempat penyelenggaraan INSURUN 2017 dan diajukan secara perorangan dalam format tertulis dalam waktu 30 (tiga puluh) menit sejak pengumuman pemenang atau segera setelah penyerahan hadiah kepada pemenang, mana yang lebih dulu. Biaya banding atas sengketa pemenang adalah sebesar Rp500.000,- (lima ratus ribu Rupiah).

  2. Untuk Peserta lainnya, banding atas sengketa mengenai hasil wajib diserahkan dalam format tertulis dalam waktu 7 (tujuh) hari setelah hari penyelenggaraan INSURUN 2017 melalui surat tertulis atau e-mail ke:

    Race Organizer INSURUN 2017
    PT. Dunia Lari Indonesia (DuniaLARI.com)
    Alamat: The H Tower Lt. 18, Jl. HR. Rasuna Said Kav. 20, Karet Kuningan-Setiabudi, Jakarta Selatan 12940.
    Email: lari@dunialari.com

    Biaya banding atas sengketa mengenai hasil adalah sebesar Rp500.000,- (lima ratus ribu Rupiah).

  3. Penyelenggara dan/atau Race Organizer berhak untuk meminta Peserta menunjukkan bukti identitas diri yang dibutuhkan sebagai kelengkapan dokumen banding.

  4. Penyelenggara dan/atau Race Organizer berhak untuk menolak atau tidak melayani banding yang diajukan setelah 7 (tujuh) hari setelah hari penyelenggaraan INSURUN 2017.

LAIN-LAIN

  1. Apabila terjadi peristiwa-peristiwa di luar kekuasaan manusia (force majeure) termasuk namun tidak terbatas pada pemogokan kerja, kebakaran, kerusuhan massa, sabotase, bencana alam seperti gempa bumi dan banjir atau hal-hal lain di luar kekuasaan para pihak dan membuat INSURUN 2017 ini menjadi tidak dapat dilaksanakan, maka tidak ada pihak manapun yang dapat dituntut untuk memberikan ganti rugi atas segala kerugian yang timbul sebagai akibat terjadinya peristiwa force majeure tersebut.

  2. Penyelenggara berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan ini yang akan diberitahukan oleh Penyelenggara kepada Peserta dalam bentuk dan melalui sarana apapun.